Senin, 07 November 2016

Minggu Pertama Bootcamp SAP ABAB di PT Xsis Mitra Utama

Bootcamp SAP

Halo!
Disini saya akan menceritakan mengenai pengalaman saya mengikuti Bootcamp SAP batch 96.
Bootcamp SAP yang saya ikuti merupakan bootcamp SAP pertama yang PT Xsis Mitra Utama selenggarakan. Materi nya sendiri adalah materi mengenai technical consulting pada SAP. Bootcamp nya sendiri dimulai sejak tanggal 7 November 2016 di gedung Graha Tunas. Bootcamp ini diselenggarakan selama 22 hari dan selama pelatihan akan diselenggarakan dua kali test untuk menentukan apakah kita layak atau tidak menuju tahap berikutnya yaitu OJT (On Job Training) dan bekerja sebagai professional technical consultan.
Tak terasa sudah 5 hari saya menjalani bootcamp ini. Pada awalnya saya berpikir bagaimanakah kehidupan saya selama bootcamp ini. Apakah saya akan mampu menjalaninya setelah satu bulan terakhir saya tidak bersentuhan dengan yang namanya coding, hanya bermalas malasan di rumah yang nyaman, lingkungan yang bebas dari hiruk pikuk perkotaan. Disini saya bertemu kembali dengan hiruk pikuk perkotaan, malah lebih parah kondisinya dari kota sebelumnya (Bandung). Panas dan polusi yang ada di ibukota membuat saya merasa tidak nyaman karena terbiasa dengan lingkungan yang udaranya cukup bersih dan dingin.
Pada hari pertama langkah kaki terasa berat untuk pergi. Hal ini terjadi mungkin karena sudah sekitar satu tahun jarang sekali pergi pada saat pagi hari. Lingkungan baru pun cukup mengganggu karena belum beradaptasi. Namun ada beberapa hal yang bisa menjadi penguat saya agar tetap bisa menjalani bootcamp ini, yaitu dukungan dari orang-orang tersayang, ilmu baru yang akan saya dapatkan dan teman-teman baru.
Kegiatan bootcamp diawali dengan perkenalan staf-staf yang bertanggung jawab dalam acara ini, PT Xsis Mitra utama dan Equine technologies group yang menaungi PT Xsis. Tidak lupa para peserta pun saling memperkenalkan diri, walaupun saya tidak mampu mengingat dengan baik nama-nama dari para staf dan peserta saat itu dan saat ini pun saya hanya mampu mengingat nama-nama panggilan para peserta dan beberapa staf yang ada. Setelah semua itu barulah dimulai dengan memperkenalkan apa itu SAP ABAP dan beberapa basic coding.
Hari kedua masih terasa berat, mungkin karena masih belum bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ada. Ketika hari ketiga dan seterusnya sudah mulai terbiasa lagi meskipun materinya semakin hari semakin naik tingkatannya. Proses adaptasi ini dipercepat dengan adanya "ngoding", karena ngoding ini merupakan kegiatan yang paling saya sukai dalam dunia IT selain matematika. Mencari solusi dari sebuah kasus dan dituangkan kedalam program merupakan tantangan sendiri dan bisa menjadi kesenangan sendiri bagi orang seperti saya. Apalagi ketika terjadi error yang sulit atau tricky, rasanya akan sangat menyenangkan apabila bisa menemukan dimana letak errornya dan bagaimana kita memperbaikinya.
SAP ABAP ini bagi saya cukup menyenangkan. Bahasanya tidak terlalu sulit, sangat lengkap sekali tools-nya dan yang terpenting adalah kita tidak terlalu memikirkan bagaimana cara menampilkan antarmukanya, karena sudah disediakan dan kita hanya cukup memanggilnya saja dalam coding. Untuk penjelasan SAP ABAP itu sendiri akan saya tulis lebih lengkap pada postingan berikutnya. Cheers!.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar