Rabu, 23 November 2016

Ujian Pertama Bootcamp SAP

Ujian pertama bootcamp telah dilaksanakan pada tanggal 22 november 2016. Soal yang diberikan berjumlah 4 buah soal. Soalnya terdiri dari 1 soal pembuatan database dan 3 soal program atau report. Ujian dibagi ke dalam dua sesi. Setiap sesi diberi waktu sebanyak 2 jam 30 menit.
Pada saat sesi pertama menyelesaikan dua buah soal yaitu soal 1 dan 2. Sesi pertama ini tergolong cukup mudah karena soal nomor 1 adalah membuat 1 buah database table dan nomor 2 adalah membuat program untuk memasukan data kedalam database table yang telah dibuat pada nomor 1.
Pada sesi kedua kita kembali ditugaskan untuk menyelesaikan 2 buah soal yaitu soal nomor 3 dan 4. Nomor 3 soalnya cukup rumit dimana kita harus membuat program untuk menampilkan data yang ada pada database table yang dibuat pada soal nomor 1 dalam ALV. Bukan hanya itu, kita jiga diminta untuk membuat tombol tambahan pada ALV-nya yang jiga digunakan akan memperbaharui data pada database table. 
Nomor 4 itu sebenarnya cukup mudah karena hanya menampilkan database table standard SAP ke dalam ALV. Namun nomor 4 ini cukup memakan banyak waktu. Hal ini terjadi karena kita dituntut untuk memahami 6 buah database table standard SAP agar mengetahui relasi antar tabelnya untuk nanti ditampilkan data yang dibutuhkannya kedalam satu buah tabel utuh. Tidak hanya itu ada juga batasan-batasan tambahan untuk membuat tabel laporan ini. Hal ini cukup membuat saya keteteran dalam menyelesaikan soal nomor 4 ini, dan pada akhirnya saya pun hanya bisa menyelesaikannya sampai tampil di ALV tanpa menambahkan batasan-batasan tambahannya. Jika saja diberikan waktu yang lebih lama mungkin saya bisa menyelesaikannya dengan baik
Share:

0 komentar:

Posting Komentar